Jumat, 25 November 2011

Normalisasi


Konsep Normalisasi Database
Kebergantungan Fungsi
Diberikan sebuah relasi R, atribut Y dari R adalah tergantung fungsi dari atribut X dari R jika dan hanya jika setiap nilai X dalam R punya hubungan dengan tepat satu nilai Y dalam R.
Bentuk Normalisasi.
  1. Bentuk tidak normal (unnormalized form) . Bentuk ini merupakan kumpulan data yang akan direkam, tidak ada keharusan mengikuti suatu format tertentu, dapat saja data tidak lengkap atau terduplikasi.
  2. Bentuk Normalisasi Ke Satu (First Normal Form/1NF). Mempunyai ciri yaitu setiap data dibentuk dalam flat file data dibentuk dalam satu record demi satu record dan nilai field berupa “Atomic Value”. tidak ada set atribut yang berulang atau atribut bernilai ganda (Multi Value)
  3. Bentuk Normal Ke Dua (Second Normal Form/2NF) . Mempunyai Syara, yaitu : bentuk data telah memenuhi kriteria satu atribut bukan kunci harus tergantung secara fungsi pada kunci utama/primary key.
  4. Bentuk Normal Ke Tiga (Third Normal Form/3NF). Untuk menjadi normal ketiga haruslah dalam bentuk normal kedua dan semua atribut bukan primer tidak punya hubungan yang trasitif.
  5. Boyce Codd Normal Form (BCNF). Mempunyai paksaan yang lebih kuat dari bentuk normal ketiga untuk menjadi BCNF, relasi harus dalam bentuk normal kesatu dan setiap atribut harus bergantung fungsi pada atribut Superkey .

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by I Gede Putra - Premium Blogger Themes | Bluehost