Selasa, 06 Desember 2011

cara Installing JDK

alo semuanya. Kali ini saya akan menjelaskan tentang cara installing JDK (Java Develpment Kit). Sebelumnya saya akan menjelaskan tentang JDK terlebih dahulu. JDK adalah software yang digunakan untuk pengembangan aplikasi dengan java. Dua program yang disediakan dalam JDK adalah :
  • javac, yaitu program untuk meng-compile kode sumber
  • java, yaitu program untuk meluncurkan aplikasi
     Nah itu tadi adalah sekilas tentang JDK. Hal pertama yang kita butuhkan dalam installing JDK adalah installernya. Bila belum mempunyainya bisa di-download di sini , dan bila sudah punya bisa langsung melakukan proses installing.

     Setelah java ter-install maka hal selanjutnya yang kita lakukan adalah membuka Command Prompt. Kita bisa membuka Command Prompt di All programs>>Accessories>>Comand Prompt atau juga bisa lewat run kita ketikkan cmd. Setelah itu ketikkan javac. Dan akan muncul seperti gambar di bawah ini :


     Tidak usah kuatir itu bukan kesalahan pada saat kita meng-install tetapi memang kebanyakan walaupun sudah di-install tidak keluar pada awalnya. Itu terjadi karena JDK memerlukan path agar bisa digunakan.

     Langkah selanjutnya yang harus kita lakukan adalah membuat path agar JDK bisa kita gunakan. Caranya adalah dengan membuka tempat/directory yang kita gunakan untuk meng-install tadi, misalnya C:\Program Files\Java. Setelah itu lalu buka yang ada nama jdk nya(namanya sesuai dengan versi dari jdk itu sendiri), contoh : jdk1.6.0_25. Setelah itu buka lagi folder bin. Maka directory nya menjadi C:\Program Files\Java\jdk1.6.0_25\bin. Lalu copy directory tersebut.     
     
     Setelah mendapatkan directory nya, maka langkah selanjutnya adalah membuat path. Caranya adalah dengan klik properties di computer/my computer. Lalu kita klik lagi advanced system settings. Maka akan keluar window seperti gambar di bawah ini :

     Lalu kita pilih Environment Variables. dan pilih new. Setelah itu pada variable name kita isi dengan PATH dan pada variable value kita isi directory yang kita dapat tadi. Contoh bisa di lihat di gambar di bawah ini :

     Setelah itu klik ok, ok, ok dan close(tau kan maksutnya). Dan akhirnya java compile / javac anda sudah bisa digunakan. Untuk mengeceknya anda bisa gunakan cmd dan ketikkan javac. Dan hasilnya akan seperti di bawah ini :

      Selesai sudah penjelasan dari saya. Bisa ada salah kata mohon di maafkan, dan bila ada yang kurang jelas dari penjelasan saya maka bisa ditanyakan lewat comment di bawah.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by I Gede Putra - Premium Blogger Themes | Bluehost