Selasa, 06 Desember 2011

Dasar Pemrograman JAVA

Selamat pagi teman2 , pada hari ini saya akan share pada kalian tentang ilmu pemrograman yaitu Dasar Pemrograman java
Sebagai Beriku :


1. Java Development Kit


Java Development Kit merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk melakukan proses kompilasi dari kode Java menjadi bytecode yang dapat dimengerti dan dapat dijalankan oleh Java Runtime Environtment.
Java Development Kit wajib terinstall pada komputer yang akan melakukan proses pembuatan aplikasi berbasis Java. Namun Java Development Kit tidak wajib terinstall di komputer yang akan menjalankan aplikasi yang dibangun menggunakan Java.


2. Java Runtime Environtment


Java Runtime Environtment merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk menjalankan aplikasi yang dibangun menggunakan java. Versi JRE harus sama atau lebih tinggi dari JDK yang digunakan untuk membangun aplikasi agar aplikasi dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan.


3. "Write Once, Run Anywhere" (WORA)


Merupakan Suatu semboyan dari bahasa pemrograman JAVA yang berjalan pada multiflatform
Keunggulannya independence platform maksud source code yang kita tulis tidak tergantung pada sistem operasi.









Java bytecodes merupakan instruksi mesin yang tidakspesifik terhadap processor . Oleh karena itu, program Javahasil kompilasi akan dapat dijalankan pada berbagai platform sistem komputer dengan menggunakan Java Virtual machine (JVM),"write once, run anywhere" (lihat Gambar Di Atas). JVMdisebut juga bytecodes interpreter atau Java runtimeinterpreter .





4. IDE (Integrated Development Environmnet - Lingkungan Pengembangan Terintegrasi)


-> untuk memudahkan kita dalam melakukan pengembangan atau pembuatan program.
Dalam melakukan pemrograman dibutuhkan alat atau tools yang biasa di sebut dengan IDE (Integrated Development Environmnet) untuk memudahkan kita dalam melakukan pengembangan atau pembuatan program.
Di java sangat banyak IDE yang tersedia, dan hampir semuanya dapat di gunakan dengan gratis tanpa harus membeli lisensi. Namun dari sekian banyaknya IDE yang tersedia, tentunya hanya beberapa saja IDE yang memiliki fitur serta dukungan komunitas yang maksimal.


Berikut ini adalah 3 Java IDE terbaik menurut saya selama 5 tahun berkecimpung di dunia pemrograman java:


~Eclipse



Eclipse memiliki dukungan plugin yang sangat banyak, dan menjadi core dari pengembangan IDE lainnya seperti zend studio(IDE berbayar untuk PHP), aptana radrails(IDE untuk pemrograman ruby on rails), serta masih banyak yang lainnya.


~Netbeans





IDE ini dibuat menggunakan bahasa Java, sehingga sangat terlihat dari sisi pemakaian memory yang cukup banyak. IDE ini dibuat dan dibesarkan oleh komunitas serta pengembang bahasa Java.


~JDeveloper





IDE ini dibuat dan dikembangkan oleh oracle. Lengkap sudah kedigdayaan oracle di dunia enterprise, setelah mampu mengakuisisi java dari sun microsystems.


5. Class


Dalam Java, kelas didefinisikan menggunakan kata kunci class. Contoh kelas sederhana adalah sebagai berikut :


class Manusia {
String nama;
}


Pada kode diatas, kelas yang telah dibuat adalah kelas Manusia. Dan nama merupakan atribut yang dimiliki kelas Manusia tersebut. Contoh pembuatan objek untuk kelas manusia adalah sebagai berikut :


// membuat objek manusia
Manusia manusia = new Manusia();
// mengubah nama objek manusia
manusia.nama = "Eko Kurniawan Khannedy";


6. Object


Objek merupakan hasil dari sebuah kelas, jika diibaratkan Objek adalah kue, maka kelas adalah cetakan kuenya, dimana kue dibuat menggunakan cetakan tersebut. Dan sebuah cetakan kue dapat membuat beberapa kue, artinya sebuah kelas dapat membuat beberapa object.
Untuk membuat objek dalam Java diperlukan sebuah perintah new, dimana cara pembuatannya sama dengan pembuatan variabel.


Kelas objek = new Kelas();


Jika dalam kelas yang dibuat objek tersebut terdapat atribut, maka dapat dipanggil menggunakan . (titik)


// mengubah atribut
objek.namaAtribut = value;


Jika dalam kelas tersebut memiliki sebuah fungsi (metode), maka dapat dipanggil menggunakan . (titik) dan diakhiri dengan ()


// memanggil fungsi
objek.namaFungsi();


7. String
Dalam pemrograman Java string merupakan aspek penting, karena dapat
mempelajari mengenai class dan objek melalui penggunaan string. String sebenarnya
merupakan class yang terdapat dalam library Java. Java String merupakan salah satu
kelas dasar yang disediakan oleh Java untuk memanipulasi karakter.





8. Package

Dalam Java, beberapa kelas dapat digabungkan dalam sebuah unit bernama paket (package). Penggunaan paket sangat dianjurkan agar kelas-kelas terlihat lebih teratur.
Untuk mendeklarasikan paket, hanya perlu menggunakan kunci package pada bagian atas file java diikuti nama paket. Nama paket tidak boleh diawali dengan nomor dan tidak boleh menganduk karakter unik dan spasi. Paket biasanya bertingkat, untuk memberikan tingkatan pada paket kita dapat mengunakan tanda . (titik), misal.


package aplikasi.data;
public class Karyawan {
public String nip;
public String nama;
public String alamat;
}



9. Konstruktor

Konstruktor adalah bagian dari definisi suatu kelas yang berfungsi menciptakan instans dari kelas tersebut. Konstruktor ini bisa kita buat sendiri, atau bila kita tidak mendefinisikannya, maka kompiler Java akan membuatkan konstruktor default untuk kelas tersebut pada saat kompilasi. Yang perlu diperhatikan adalah bahwa suatu konstrukor tidak termasuk anggota suatu kelas seperti metode dan variabel dan bahwa konstruktor bisa dibuat lebih dari satu.Secara singkat, konstruktor adalah perintah yang akan dilaksanakan saat ada instruksi untuk menciptakan sebuah instans dari kelas tersebut.


Contoh deklarasi konstruktor


identifier_class([tipe identifier,tipe identifier,...]){
// inisialisasi variabel
// perhitungan awal


Pada contoh ini akan dibuat empat buah konstruktor yang berfungsi untuk membuat objek dengan tipe lingkaran.Class lingkaran diidentifikasi dengan kode berikut:


public class Lingkaran{
Float x,y,jari;
// konstruktor diletakan disini
}





10. Method

Sebuah method menjelaskan behaviour dari sebuah object. Method juga dikenal sebagai fungsi
atau prosedur. Sebagai contoh, method yang mungkin tersedia untuk entiti siswa adalah method
register.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by I Gede Putra - Premium Blogger Themes | Bluehost